Selasa, 24 Januari 2012

Proses pembuatan baglog


contoh baglog siap untuk di sterilisasi
Sebenarnya cara pembuatan baglog gak terlalu sulit koq,hanya saja banyak diantara pembudidaya jamur tiram terutama yang masih pemula terkadang tidak mau untuk berepot-repot ria dan juga banyak yang terlalu takut dengan berbagai rumor yang beredar mengenai besarnya resiko kegagalan yang di akibatkan oleh kontaminasi. Padahal jika mereka mau sedikit teliti saja maka segala macam kemungkinan kontaminasi tersebut bisa ditekan seminimal mungkin bahkan hingga mencapai 0%.
Langkah pertama untuk pembuatan baglog tentu saja mempersiapkan segala macam bahan baku untuk dijadikan media sesuai dengan komposisi yang di inginkan. Jangan lupa persiapkan juga segala macam perlengkapan pendukung seperti plastik  dan cincin.
proses pencampuran media
Campur semua bahan media tanam sesuai dengan komposisi yang dinginkan hingga rata. Atur kadar air dalam media hingga ideal.sebaiknya kadar air jangan terlalu basah karena juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan miselium dan resiko kontaminasi.
Apabila media sudah  tercampur rata selanjutnya masukkan adonan tersebut kedalam plastik. Padatkan media dengan menggunakan botol hingga mencapai tingkat kepadatan yang cukup lalu pasang cincin sekaligus dengan penutupnya.
Setelah semua bahan di masukkan kedalam plastik berarti baglog sudah siap untuk di sterilisasi….
Mudah khan….
Selamat mencoba…. Semoga sukses…..


share on facebook

0 komentar:

Posting Komentar