Jumat, 13 Januari 2012

cara budidaya jamur tiram

Secara garis besar ada 2 cara untuk membudi dayakan jamur tiram, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang layak anda pertimbangkan jika ingin menekuni usaha yang satu ini.
  • membeli baglog  yang sudah jadi
Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan sangat di anjurkan bagi anda yang masih sangat awam tentang dunia perjamuran.selain tidak ribet,anda dapat terhindar dari resiko kegagalan yang banyak di alami oleh petani yang membudidayakan jamur tiram dengan cara membuat baglog sendiri.
multi fungsi

Anda hanya tinggal menyiapkan rak rak tempat  meletakkan baglog di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung tapi memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup. Untuk skala besar anda dapat membuat kumbung sendiri atau malah menyewa kumbung yang siap pakai seperti yang dilakukan oleh petani jamur tiram di beberapa daerah yang tidak memiliki lahan untuk pembuatan kumbung.
Kelemahan dari cara ini adalah harganya yang lebih mahal daripada jika kita melakukannya dengan cara membuat baglog sendiri.
  • membuat baglog sendiri
Kelebihan dari cara ini adalah biaya produksi yang murah dan juga munculnya peluang penghasilan tambahan dari menjual baglog yang anda buat.
Kelemahannya adalah selain resiko kegagalan yang lebih besar dari cara pertama kita juga harus melakukan investasi awal yang cukup besar untuk menyiapkan sarana dan prasarana produksi.
Selain kumbung,Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum  membuat baglog sendiri adalah bahan bahan untuk media,peralatan produksi,bibit,tempat sterilisasi dan ruang inokulasi (untuk ruang inok awalnya saya gabungkan dengan kumbung).
 Satu hal yang paling penting sebelum anda mencoba membuat baglog sendiri adalah ilmu tentang dunia perjamuran yang bisa anda dapatkan dari guru pembimbing atau mentor yang anda rasa cukup mumpuni. Selain itu anda juga dapat mencari referensi  dari buku dan internet. Selengkapnya akan saya coba membaginya dalam blog ini sebagai  informasi tambahan agar anda tidak mengalami kendala dan kesulitan seperti yang saya rasakan pada masa masa awal saya menggeluti dunia jamur tiram ini.

Saran saya bagi anda yang benar masih awam dan ingin mencoba peruntungan di dunia jamur  sebaiknya anda mencoba cara yang pertama terlebih dahulu. Setelah satu atau dua kali produksi tentunya anda sedikit banyak akan lebih memahami tentang karakter jamur dan perlakuan  yang seharusnya dilakukan secara baik dan benar mungkin anda bisa mencoba melakukan cara yang kedua yaitu membuat baglog sendiri untuk meraih ilmu dan keuntungan yang lebih besar.
Satu lagi, orang ataupun tempat anda membeli baglog ataupun bibit jamur saya rasa dapat anda jadikan sebagai guru pembimbing  atau tempat anda menggali ilmu perjamuran jika dikemudian hari  anda ingin membuat baglog sendiri .

Semoga bermanfaat…..


share on facebook

0 komentar:

Poskan Komentar