Kamis, 12 Januari 2012

budidaya jamur tiram yang kian menjamur

skala besar atau kecil terserah petani
Belakangan ini  usaha jamur tiram semakin menjamur di berbagai tempat di indonesia,selain  karena mudahnya cara budidaya jamur tiram, harga jual yang stabil serta permintaan yang terus meningkat menjadi salah satu faktor banyaknya bermunculan petani jamur tiram. Penampilannya yang putih bersih dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Rasanya juga sangat enak, hampir seperti daging ayam.
Cerahnya prospek usaha budidaya jamur ini ternyata menciptakan peluang usaha bagi banyak orang.  Selain mudah, usaha yang satu ini dalam skala kecil dapat dilakukan di sela sela kesibukan sehari hari.
Bahkan perlakuan yang harus dilakukan oleh seorang petani jamur tiram tidak lebih dari sekedar melakukan penyiraman pada kumbung yang hanya dilakukan dua kali dalam sehari, itupun kalau cuaca sedang panas, kalau di musim penghujan penyiraman cukup dilakukan satu kali sehari atau bahkan tidak sama sekali.
Apakah budidaya jamur tiram dapat dilakukan dalam skala besar sehingga dapat menjadi penghasilan utama sebuah keluarga? Jawabannya Tentu saja bisa,karena budidaya jamur tiram dapat dilakukan sesuai dengan modal yang dimiliki dari petani tsb. Dibuat kecil bisa,dibuat besar juga bisa. Semua bergantung dengan modal dan skala produksi yang diinginkan.
Silahkan anda mencoba melakukan survey dan pengamatan di beberapa petani jamur tiram di sekitar tempat tinggal anda. Mungkin di beberapa tempat anda akan menemukan beberapa petani melakukannya sebagai usaha sampingan tapi tidak menutup kemungkinan anda akan menemukan petani yang membudidayakan jamur ini dalam skala besar bahkan tak jarang omsetnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta perbulan.
Anda tertarik…????


share on facebook

0 komentar:

Posting Komentar