Jumat, 20 Januari 2012

potensi bisnis budidaya jamur tiram

mudah mudahan menjadi sumber inspirasi
Selain potensi bisnis dalam budidaya jamur tiram yang belakangan ini produksinya semakin banyak digemari masyarakat, setidaknya ada beberapa alasan yang saya pertimbangkan sebelum memulai bisnis ini antara lain:

1.mudah dan murah.
Karena bahan baku utama yang di gunakan untuk media tanam jamur tiram ini serbuk gergaji berarti kita hanya memanfaatkan limbah organik yang cukup berlimpah di sekitar kita. Mudah dan murah yang saya maksudkan di sini adalah mudah didapat dan murah dari sisi harga.

2.modal relatif kecil dan terjangkau.
Sebagai makhluk tuhan yang termasuk kedalam kategori kaum “dhuafa” alasan yang satu ini termasuk kedalam pertimbangan utama saya .

3.tidak mengharuskan lahan yang luas.
Karena selama ini saya numpang sama orang tua tentu saja alasan ini menjadi penting jika saya tidak ingin di anggap anak yang berusaha menguasai tanah warisan orang tua oleh saudara2 saya. 
Justru dengan usaha ini saya berharap kelak di kemudian hari saya dapat memiliki tanah sendiri dari salah satu ciptaan  tuhan yang oleh sebagian orang sering di sebut jamur kayu ini.

4.tingginya permintaan pasar.
Saya mencurigai hal ini mungkin disebabkan karena jamur tiram sudah terposisi sebagai jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, selain mempunyai cita rasa yang lezat dan bergizi tinggi jamur tiram juga bisa digunakan sebagai makanan alternatif untuk pengobatan.

5.teknologi tepat guna dan sederhana.
Sebagai salah satu manusia desa hasil mega proyek di jaman pak harto yang bernama transmigrasi, selain gaptek,saya dan para tetangga saya rasanya sudah cukup bersukur karena sempat duduk di bangku sekolah dasar. Makanya jika usahaini mengharuskan teknologi tinggi yang rumit ,jangan harap masyarakat pedesaan yang juga merupakan tetangga dekat dengan tarzan seperti saya bisa melakukan budidaya jamur tiram ini .

6.fleksibel.
Nah ini juga merupakan salah satu daya tarik utama karena usaha ini bisa dijalankan siapa saja ,dimana saja,kapan saja dan tidak mengenal musim. Selain itu Budidaya Jamur Tiram juga bisa dijalankan dalam skala rumah tangga /kecil ,menengah bahkan dengan teknologi modern.

7.cepat.
Dibanding usaha budidaya yang lain,jamur tiram mempunyai waktu panen yang singkat karena dalam waktu tanam 1.5 bulan saja sudah dapat memetik hasil. selain tidak membutuhkan biaya pakan, dalam pembudidayaan yang sangat tradisional usaha ini juga dapat dilakukan tanpa obat-obatan, dan pupuk. Tapi seiring dengan di temukannya pengurai dan nutrisi khusus untuk tanaman jamur tiram dalam bentuk cair hasil ramuan sendiri akhirnya belakangan ini kami menggunakannya dalam usaha kami sehingga selain biaya produksi yang lebih murah,  jamur yang dihasilkan juga lebih banyak dari biasanya dan pada akhirnya cara ini dapat mempercepat kembalinya modal awal yang berujung pada keuntungan yang lebih maksimal. 
(selengkapnya baca:komposisi media tanam jamur tiram).

8.lapangan kerja.
Sulitnya lapangan kerja bagi makhluk2 kurang pendidikan seperti saya,usaha ini merupakan salah satu solusi yang layak di coba. Untuk  skala yang lebih besar usaha inipun juga dapat menyerap tenaga kerja di sekitar anda yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi pengangguran. Usaha ini juga dapat di lakukan dengan sistem kemitraan yang insya ALLAH akan saya bagikan pada postingan selanjutnya secara lengkap.

Mudah mudahan tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua…..

share on facebook

0 komentar:

Posting Komentar