Kamis, 26 Januari 2012

Ciri ciri bibit jamur tiram yang berkualitas bagus

contoh bibit berkualitas

Dalam hal pemilihan bibit(starter),beberapa petani terkadang terjebak dengan masalah mahal atau murahnya harga bibit yang akan di beli tanpa mempertimbangkan kualitas bibit itu sendiri. Padahal,kualitas Bibit merupakan salah satu faktor penting penentu kesuksesan dalam usaha budidaya jamur tiram sehingga tak jarang di kemudian hari banyak diantara mereka yang mengalami berbagai kendala baik dari lambannya pertumbuhan miselium ataupun lambatnya kemunculan pinhead.

Lalu bagaimana cara menandai bibit yang memiliki kualitas bagus atau tidak..?
Secara umum sebenarnya kualitas bibit hanya dapat dilihat setelah dituangkan kedalam baglog sampai kemudian tumbuh buah. tidak ada ciri ciri khusus yang dapat di pakai untuk membedakan mana bibit jamur tiram yang bagus maupun yang tidak. karena uji lapangan mutlak diperlukan makanya sangat disarankan untuk tidak membeli bibit dalam jumlah yang besar sebelum anda mengenal dengan baik sang produsen bibit serta kualitas produk yang di jualnya.
Salah satu trik sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui kualitas bibit jamur tiram yaitu dengan cara membuka tutup bibit yang telah dipenuhi dengan miselium.Apabila dalam waktu satu minggu kemudian bibit tersebut menumbuhkan jamur maka bisa di katakan bibit ini memiliki kualitas yang baik. Tetapi jika dalam tempo tersebut jamur tetap saja gak mau nongol maka sebaiknya anda berpikir ulang sebelum anda menggunakan bibit tersebut dalam usaha anda jika tidak ingin mengalami kendala kendala seperti yang telah disebutkan diatas.
Ciri ciri lain dari jamur yang berasal dari bibit yang memiliki kualitas rendah adalah tudung tipis, layu, gampang pecah, mekungkung (gak mau buka lurus-bahasa jawa), warna dominan putih dan ringan.
Berhati hatilah dalam membeli bibit,karena bibit yang tidak berkualitas hanya akan mengakibatkan petani mengalami kerugian karena modal mereka tak kembali hingga akhirnya berujung pada kebangkrutan.

Jangan terlalu percaya dengan janji... karena semua perlu bukti...
Jangan mudah tergiur barang murah... kalau pada akhirnya berujung musibah....

Semoga bermanfaat…………

share on facebook

0 komentar:

Posting Komentar