Rabu, 25 Januari 2012

Ide Ngeblog untuk pemberdayaan Masyarakat


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan kemanusiaan yang selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pada umumnya. Kegiatan sederhana seperti ini sangat beragam bentuk dan rupanya, dan merupakan sumbangsih yang bersumber dari manapun juga. Baik itu bersumber dari suatu instansi pemerintah atau perusahaan, maupun bersumber dari seseorang atau sekumpulan orang.
Dewasa ini, pemberdayaan masyarakat seakan bukan menjadi hal yang awam lagi. Banyak sekali pemberdayaan masyarakat yang terdapat di sekitar kita, mulai dari pemberdayaan berupa perpustakaan keliling, taman bacaan gratis, rumah belajar untuk para anak jalanan, pendidikan moral bari para pelaku kejahatan, bahkan memperkenalkan bagaimana cara membudidayakan jamur tiram pun merupakan suatu bentuk pemberdayaan masyarakat.
Semua orang memiliki hak dan tanggung jawab yang sama untuk melakukan tindakan pemberdayaan ini, meskipun ide dan cara pelaksanaannya yang berbeda-beda namun tujuannya tetap sama, yaitu meningkatkan kualitas dan taraf hidup dari masyarakat itu sendiri.
Setiap orang sudah seharusnya memiliki ide-ide cemerlang untuk memberdayagunakan semua ilmu yang dimilikinya untuk membantu masyarakat di sekitarnya. Sharing ilmu merupakan suatu tindakan nyata yang patut mendapat anugerah dari sesama, yaitu anugerah yang berupa rasa bangga dan kecintaan untuk saling membantu, seperti yang diutarakan oleh sila kedua dalam Pancasila, “Kemanusiaan yang adil dan beradab” .
Bagi para pemberdaya ini, sebuah piala atau piagam bukanlah tujuan akhir yang ingin diraih mereka, namun justru keberhasilan dari orang-orang yang telah mendapat bimbingan dan mampu untuk merubah derajat kehidupannya, itulah sesungguhnya keberhasilan.
Kendatipun pengetahuan saya mengenai budidaya jamur tiram hanya secuil, tetapi mudah mudahan melalui blog ini saya bisa memberi manfaat bagi orang orang di sekitar saya baik di dunia nyata maupun di dunia maya.
Harapan saya jika ada para master dunia jamur yang kebetulan tersesat di blog ini, mohon jangan pernah ragu untuk memberi kritik,saran maupun hujatan membangun agar kedepan melalui blog ini kita dapat saling memberi dan menerima pencerahan bersama sama.
Salam….

share on facebook

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nama saya' eris, saya tertarik banget pengen usaha budidaya jamur tiram ini, tapi saya balum tahu cara dan pengerjaannya, mohon bantuannya??

Posting Komentar